Home » » Laptop Tidak Pernah Dimatikan, Apakah Bisa Rusak?

Laptop Tidak Pernah Dimatikan, Apakah Bisa Rusak?

Sebenarnya judul di atas masih kurang lengkap sehingga maksudnya belum tersampaikan.
Jadi begini :
" Apakah laptop yang tidak pernah dimatikan ( shutdown ) tetapi laptop hanya sleep saja, atau langsung menutup casing laptop tanpa shut down terlebih dahulu, akankah membuat laptop menjadi rusak? "


Ada sebagian orang yang memperlakukan laptopnya seperti itu. Jadi tanpa mematikan, laptop ditinggal begitu saja atau langsung dimasukkan ke dalam tas berjam-jam bahkan berhari-hari. Lalu ketika akan menggunakan laptop langsung dapat  meneruskan aplikasi apa yang terakhir kali dioperasikan. Memang hal ini menjadi lebih gampang dan laptop lebih cepat start up.

Tetapi mungkin ada yang mempertanyakan, apakah tindakan tersebut membuat laptop jadi cepat rusak ?

(1) Hardware laptop dan system windows memungkinkan untuk memperlakukan laptop seperti itu, maka ada pilihan sleep, dan hardware berhenti bekerja.

(2) Tetapi yang perlu diwaspadai adalah kemampuan baterai laptop.
Selama kondisi sleep, laptop tetap memerlukan daya listrik namun sangat kecil. Nah, bila saja selama sleep baterai masih mampu memberi pasokan setrum listrik maka laptop tetap aman, tak bermasalah.

(3) Lain halnya bila kondisi baterai  tidak bagus atau baterai masih bagus tapi terakhir menggunakan laptop kondisi baterai low atau mau habis tinggal beberapa persen.  Ketika dinyalakan tanpa charger ternyata laptop tidak mau menyala, berarti setrum baterai telah habis selama sleep. Berarti pula memulai windows dari awal start. Apalagi bagi yang baterainya sudah rusak.
Kalau ini terjadi, bisa merusak laptop. Yaitu kerusakan software ( ketika mau masuk windows jadi error ) atau hardware ( sering mati mendadak bisa merusak hardisk )

(4) Kecuali bila laptop tetap dalam kondisi dicharge terus-menerus, dan tidak pernah mengalami pemadaman listrik PLN. Kondisi sleep tidak mengapa.