Home » » Solusi Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara / Mati

Solusi Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara / Mati

Kadang mendadak speaker laptop mengalami masalah tidak bisa mengeluarkan suara atau mati. Biasanya kita menduga ada kerusakan dengan komponen speaker itu sendiri maka kita segera membawa ke tempat service untuk memperbaiki suara yang tiba-tiba hilang tersebut.

Tetapi ada kemungkinan permasalahan tersebut hanya masalah software saja, karena kesalahan yang tak disengaja telah mengubah setingan konfigurasi laptop.

Tetapi, sebelum masuk masalah utama cara memperbaiki speaker laptop tidak bersuara, terlebih dahulu pastikan bahwa :
- Volume sudah disetel 50 persen atau lebih
- Speaker tidak di mute
Kalau hanya masalah itu saja, dengan mengubah setelan volume berarti sudah dapat mengembalikan suara yang hilang.

Bila kerusakan software
Untuk mengatasi masalah ini coba Anda klik bagian kanan bawah pada ikon speaker. Bila muncul seperti gambar di bawah ini, berarti  suara laptop telah disetting ke headphone atau headset sehingga pada speaker laptop tidak bisa keluar bunyi.

Solusi Cara Memperbaiki Speaker Laptop Mati

seharusnya agar laptop mengeluarkan suara, ikon yang tampil seperti gambar di bawah ini.

Salah seting software dapat menyebabkan speaker laptop mati

Lalu bagaimana untuk mengubah setingan yang benar ?

(1) Klik kanan pada ikon speaker atau volume speaker, maka muncul seperti tampak di bawah, pilih playback device.
Setting volume speaker laptop

(2) Nah, ternyata ikon speaker sebenarnya telah ada. Kli k kanan, pilih set as Default Device

Cara seting speaker dan headphone laptop

(3) OK, speaker laptop bisa bunyi lagi

Tetapi bagaiman bila ikon speaker seperti pada langkah (2) diatas tidak muncul di layar ? atau hanya muncul  ikon headphone saja? lanjutkan langkah 4

(4) Klik kanan pada kotak kosong, lalu beri cek list atau tanda centang pada Show Disable Device.

salah satu langkah memperbaiki speaker mati

(5) Ikuti langkah selanjutnya seperti dibawah ini, yaitu status ikon speaker diubah menjadi enable

cara mudah speaker tidak bunyi atau mati


(6) Kembali ke langkah 2, hasilnya laptop bisa bersuara.....

Kebalikannya, cara di atas bisa untuk mengatasi bila headphone atau headset tidak berfungsi.

Demikian cara diatas mengatasi sendiri permasalahan speaker laptop mati.

Sementara berhubungan dengan permasalahan speaker laptop, berikut ini bila masalah yang juga ditemukan adalah :

Setelah Install Ulang Windows, Speaker Menjadi Tidak Bersuara Atau Mati, Padahal Sebelumnya Ada Suara

Cara mengatasinya :
(1) Setelah install Windows pada umumnya kita langsung menginstall dan mengupdate semua driver (VGA, chipset, WiFi, Sound, dll).
Sebaiknya jangan Anda lakukan dulu. Jangan install driver apapun, apalagi menggunakan kumpulan master driver.
Cek dulu suaranya, karena semua installer Windows 7/ 8 / 8.1 / 10 sudah otomatis memiliki software SOUND STANDARD.  Cek dengan memainkan / play sample musik, mp3 misalnya. Windows telah dilengkapi program Windows Media Player.
Nah, bila ternyata laptop bisa bersuara berarti permasalahan ada pada saat install driver-driver dari kumpulan / master driver yang Anda miliki.
Jadi cari cara lain, yaitu download driver dari website resmi merek laptop tersebut.

(2) Karena Virus. Setelah install ulang sebaiknya sebelum Anda install driver-driver laptop,  Anda install anti virus yang bagus dan terpercaya terlebih dahulu. Karena virus bisa saja masuk menular dari drive D: atau E: (Data) laptop yang sedang kita kerjakan.
Atau dari USB flashdisk / hardisk eksternal sebagai sumber driver installer tersebut.
memperbaiki suara speaker laptop pecah mengatasi kecil cara bagaimana yang hilang tidak mengeluarkan ada pada bunyi keluar gak suaranya berbunyi acer bersuara

Bila semua cara diatas tidak bisa mengatasi, berarti ada kerusakan hardware atau spare part bagian sound / audio pada laptop Anda, dan serahkan kepada teknisi berpengalaman untuk diperbaiki.

O ya, Apakah laptop Anda sudah diinstall Microsoft .NET FrameWork? , dan apakah laptop Anda sudah ada tanda-tanda mulai lambat / lemot?
 Memperbaiki suara laptop  tiba mati speaker komputer tidak bisa nyala cara headset pengaturan kecil penyebab total  ada kenapa terdeteksi di hilang menghilangkan pada video gambar sound colokan mengatasi sendiri.  Menyambungkan ke aktif bass pecah bunyi kabel update driver windows 10 menghidupkan yang rusak sebelah angin berdengung 7 mendadak acer hidup card keluar menyambung membesarkan mengeluarkan untuk no audio output.   Device is installed tiba2 berputar membersihkan bersuara mau memperbesar mengembalikan berbunyi setting system yg suaranya berisik baik dan benar mengaktifkan membetulkan volume dengan membuat sederhana berfungsi 8 aplikasi pc memasang jack lebih keras servis mixer benerin menghubungkan perbaiki membenarkan icon on xp harga ganti buat headphone mengatur asus media player realtek hd manager toshiba instal.  
 Notebook mengganti tak service pasang cek aktifkan masalah disabled youtube ga eksternal internal tanda silang solusi menginstal menggunakan hdmi pengatur memperkeras bagus external mengecek control menyala install not memulihkan mengetahui loudspeaker download kresek error lenovo kualitas bagaimana pelan.